The Elements  BACK TO ARTICLES

Inilah 5 Biaya yang Harus Disiapkan Saat Menempati Apartemen

Hingga saat ini, apartemen merupakan pilihan hunian yang digemari masyarakat. Bagi Anda yang hendak menghuni apartemen, sebelum pindah, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan salah satunya yaitu biaya-biaya di luar harga beli maupun sewa.

Tujuan dari biaya-biaya tersebut adalah untuk perawatan fasilitas penunjang kenyamanan dan keamanan penghuni. Besaran biaya-biaya tersebut berbeda pada setiap apartemen. Ada apartemen yang cukup sekali saja perbulan, karena sudah diakumulasikan. Bahkan ada pengelola apartemen yang menagih per 6 bulan untuk biaya maintenance.

Berikut ini adalah biaya-biaya yang harus dipersiapkan saat menempati apartemen. Ada apa saja?

Biaya Parkir

Terkait biaya parkir, tidak semua apartemen menerapkan setiap penghuni unit membayar biaya ini. Namun, sebagai persiapan biaya yang harus Anda kalkulasi untuk tinggal di apartemen, sebaiknya anggarkan dana sebesar Rp. 200 ribu - Rp. 300 ribu perbulan untuk kendaraan roda empat dan Rp. 100 ribu - Rp. 200 ribu perbulan bagi kendaraan bermotor.

Biaya Air

Biaya air merupakan kebutuhan pokok yang wajib Anda keluarkan setiap bulan. Besaran biaya air per bulan tergantung penggunaan Anda. Sebagai gambaran, persiapkan kurang lebih Rp 200 ribu hingga Rp. 300 ribu perbulan sebagai anggaran air di apartemen.

Biaya Listrik

Apartemen menggunakan tarif listrik bisnis dan perkantoran, berbeda dengan rumah yang memakai tarif abodemen residensial. Biaya listrik apartemen lebih tinggi 20% - 45% per kWh dibanding rumah. Persiapkan dana Rp. 500 ribu hingga Rp 1 juta perbulan sebagai akumulasi dari biaya listrik dan biaya air di apartemen.

IPL (Service Charge)

Biaya perawatan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan karena sifatnya berkala. Sebagai penghuni apartemen, Anda wajib membayar IPL (Iuran Pengelolaan Lingkungan) atau dikenal pula sebagai service charge sebulan sekali atau dapat diakumulasikan per 6 bulan tergantung kebijakan management apartemen. Besaran biaya IPL dihitung berdasarkan tarif dasar IPL dikalikan luas unit apartemen per m2 sehingga akan berbeda-beda dari satu apartemen dengan apartemen lainnya. 

Sinking Fund

Sekarang setelah Anda mengetahui biaya IPL, listrik, air, parkir di apartemen, buaya selanjutnya yang harus disiapkan adalah sinking fundSinking fund adalah biaya yang digunakan untuk memelihara fasilitas yang tersedia di unit hunian. Besarannya bervariasi tergantung kebijakan setiap apartemen, namun rata-rata sinking fund berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan pada fasilitas di unit tersebut, Anda hanya perlu menghubungi pihak pengelola apartemen untuk memperbaikinya.

Walaupun terdapat biaya-biaya tersebut, memilih tinggal di apartemen tentunya akan lebih nyaman dan aman, jika dibandingkan dengan jenis hunian lainnya. Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk membeli apartemen, memilih apartemen The Elements Jakarta merupakan pilihan tepat. Apartemen mewah di Jakarta Selatan ini, berlokasi di kawasan prestisius Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan tepatnya di Jalan Epicentrum Tengah, No. 2. 

Pusat bisnis dan perkantoran Segitiga Emas, sangat mudah dijangkau dari apartemen The Elements. Terdapat pula berbagai sarana transportasi publik seperti LRT (Light Rail Transit) yang hanya 10 menit berjalan kaki dari apartemen, bus Trans Jakarta, MRT (Mass Rapid Transit), kereta Commuter Line hingga akses tol.

Terdapat beragam pusat pendidikan ternama di kawasan sekitar apartemen mulai dari Universitas Bakrie, London School Of Public Relation (LSPR) hingga Sekolah High Scope Jakarta. Mall dan supermarket untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun tersedia dekat dari The Elements apartment Jakarta, salah satunya mall Epiwalk. Cocok sekali dijadikan pilihan hunian bagi eksekutif maupun keluarga. 

Apartemen ini menawarkan 2 pilihan unit apartemen, yakni 2 Bedroom yang berada di tower Harmony dan 3 Bedroom di tower Serenity. Masing-masing unit apartemen Elements sudah semi-furnished, dilengkapi dengan kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, balkon, built-in kitchen lengkap dengan electric oven, hood oven hingga kitchen cabinet

Sementara, di unit 3 Bedroom ada 2 area dapur yaitu dry kitchen dan wet kitchen beserta built-in wardrobe dan private balcony. Keistimewaan dari apartemen The Elements Kuningan adalah di tower Serenity masing-masing unitnya dilengkapi dengan private lift yang menuju unit 3 Bedroom. 

Sederet fasilitas premium berikut siap memanjakan Anda, mulai dari swimming pool, gym area, multi function exercise room, children playground, jacuzzi, sauna, spa, business center, mini library, lobby & lounge, private lift, minimarket JD Hub by JD.ID dan keamanan 24 jam. Dengan segala keunggulan tersebut, lantas berapa harga apartemen The Elements?

Harga jual apartemen The Elements dibanderol mulai dari Rp 4,2 Miliar untuk tipe 2 Bedroom. Jangan lewatkan kesempatan memiliki apartemen mewah di Kuningan, Jakarta Selatan ini dengan penawaran harga yang istimewa. Selama periode 22 Februari sampai 30 Juni 2022, ada promo menarik berupa save up to 22%, Bonus Insentif PPN (Syarat dan ketentuan berlaku) dan unit apartemen sudah semi-furnished

BACK TO TOP