The Elements  BACK TO ARTICLES

7 Hal Penting yang Harus Ada dalam Surat Perjanjian Sewa Apartemen

Tidak terpungkiri jika tinggal di apartemen memang solusi paling efektif untuk lingkungan hidup yang nyaman. Menariknya, selain sebagai tempat tinggal, apartemen juga bisa menjadi instrumen investasi yang sangat menggiurkan.

Berdasarkan data baru yang diperoleh dari portal properti Lamudi.co.id, minat mencari iklan sewa apartemen di kawasan Jakarta Selatan terus mengalami pertumbuhan. Contohnya pada kuartal II 2021 ada sekitar 11.159 pencarian kemudian kuartal III 2021 meningkat menjadi 12.640 pencarian.  

Nah, melihat pertumbuhan tersebut, bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk menyewakan unit apartemen sebagai bentuk investasi, sebaiknya Anda menyiapkan perjanjian sewa apartemen terlebih dahulu. Perjanjian ini sengaja dibuat untuk memperjelas hak dan kewajiban pemilik dan penyewa apartemen.

Bagi Anda yang saat ini masih bingung bagaimana cara membuat surat perjanjian untuk proses penyewaan apartemen, inilah ulasan mengenai 7 hal penting yang harus ada dalam surat perjanjian sewa apartemen. Apa saja? 

Identitas Pihak Pertama dan Pihak Kedua 

Dalam surat perjanjian sewa apartemen, hal utama yang harus tercantum di dalamnya adalah identitas pihak pertama dan pihak kedua. Anda selaku pemilik apartemen merupakan pihak pertama sementara calon penyewa unit apartemen Anda adalah pihak kedua. Pastikan baik Anda dan calon penyewa menyertakan identitas berupa nama lengkap, KTP, umur, nomor handphone dan pekerjaan. 

Alamat, Tipe Unit dan Letak Objek

Tidak hanya identitas penyewa dan pemilik apartemen, identitas dari unit apartemen itu sendiri penting tercantum di dalam surat perjanjian sewa apartemen. Pastikan terdapat alamat, letak objek perjanjian dan tipe unit yang disewakan.

Harga Sewa Apartemen dan Periode Waktu Penyewaan

Apartemen dapat disewakan bulanan atau tahunan, sesuai dengan kebijakan Anda sebagai pemilik. Di dalam surat perjanjian sewa, sertakan informasi harga sewa apartemen baik itu jika disewakan per bulan atau per tahun. 

Jumlah Tagihan selama Penyewaan

Selain biaya sewa unit, tidak sedikit penyewa yang juga bertanggung jawab untuk membayar biaya lain seperti listrik, air, IPL, parkir dan lain-lain. Kebijakan pembayaran tersebut kembali lagi kepada Anda selaku pemilik unit, apakah biaya-biaya tersebut diberikan kepada penyewa atau terdapat penawaran khusus yang hendak diberikan. Nah, pastikan dalam surat perjanjian sewa apartemen Anda menyertakan kesepakatan dalam pembayaran biaya-biaya tersebut ya.

Informasi Tentang Fasilitas Unit Apartemen

Unit apartemen apa yang Anda tawarkan? Bila unit apartemen full furnish maka jelaskan secara terperinci tentang peralatan apa saja yang terdapat di unit apartemen Anda, seperti adanya tempat tidur, lemari sofa, meja, televisi, kitchen set dan lain-lain.

Menyertakan Saksi

Untuk memperkuat keabsahan proses sewa unit apartemen antara Anda dan penyewa, maka lebih baik menyertakan 2 orang saksi contohnya seperti dari saksi pengurus apartemen atau manajemen apartemen. 

Tanda Tangan, Materai dan Lampiran 

Setelah semua hal tersebut tercantum di dalam surat perjanjian sewa apartemen, pastikan surat perjanjian kontrak dibuat 2 lampir untuk dipegang oleh kedua belah pihak. Serta tempel materai dan tanda tangani untuk mengesahkannya. 

Jika Anda tertarik menjalani bisnis sewa apartemen, apartemen The Elements dapat menjadi pilihan yang tepat, apartemen yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan tersebut memiliki banyak keunggulan untuk dijadikan instrumen investasi.  

Apartemen The Elements Kuningan, Jakarta Selatan berada di lokasi yang sangat strategis, seperti dekat dengan pusat bisnis dan perkantoran Ibukota yaitu Segitiga Emas Kuningan, mudah dijangkau dengan sarana transportasi publik seperti LRT (Light Rail Transit) yang hanya 10 menit berjalan kaki dari apartemen, bus Trans Jakarta, MRT (Mass Rapid Transit), kereta Commuter Line hingga akses tol. 

Terdapat beragam pusat pendidikan ternama di kawasan sekitar apartemen mulai dari Universitas Bakrie hingga Sekolah High Scope Jakarta. Mall dan supermarket untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun tersedia dekat dari The Elements apartment Jakarta, salah satunya mall Kota Kasablanka. Lokasi yang strategis ini tentunya dapat mendorong minat seseorang untuk mau menyewa apartemen di sana.   

The Elements adalah pilihan pilihan tepat bagi Anda yang mencari apartemen luas dan nyaman untuk dihuni. Memadukan segala detail yang elegan, menawan serta kenyamanan dalam hunian vertikal. Apartemen ini memiliki 2 tower mewah yaitu tower Serenity yang premium dan eksklusif, lengkap dengan private lift dan access card. Tidak hanya cocok untuk keluarga, juga tepat menjadi pilihan para eksekutif yang mendambakan gaya hidup praktis dan efisien karena lokasinya ada di Kuningan, Jakarta Selatan. 

Bahan material yang digunakan di apartemen The Elements, berkualitas terbaik seperti lantai marmer, lantai parket, double glazed window dan lain-lain. Segala detail diperhatikan secara baik dan benar, mencerminkan representasi dari modern luxury living. Nilai plus lainnya, apartemen ini juga dilengkapi dengan area balkon luas, bahkan pada unit 3 bedroom tersedia private balcony

Nilai plus lainnya, apartemen ini juga dilengkapi dengan area balkon luas yang dapat Anda nikmati sehari-mulai seperti melihat city view, menikmati waktu bersantai hingga spot untuk berolahraga (workout) di apartemen. Harga jual apartemen The Elements dibanderol mulai dari Rp. 4,2 Miliar.

Untuk memanjakan penghuninya  apartemen The Elements juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap seperti swimming pool, gym, jacuzzi, spa, sauna, children’s playground, mini libraryminimarket JD Hub by JD.ID, lounge, parking space, CCTV dan keamanan 24 jam.

BACK TO TOP