The Elements  BACK TO ARTICLES

Investasi Apartemen atau Rumah, Pilih Mana?

Kalau bicara mengenai investasi, sebetulnya investasi apa yang paling menguntungkan? Terlebih saat ini, ada banyak macam instrumen investasi mulai dari deposito, emas, saham hingga properti dengan keunggulan masing-masing aset yang berbeda. Investasi sendiri merupakan kegiatan penanaman modal yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. 

Dahulu, investasi kerap dikaitkan pada orang-orang berpenghasilan tinggi saja. Kini, investasi dapat dilakukan oleh semua kalangan tidak terkecuali para milenial.

Salah satu instrumen properti yang akrab di masyarakat adalah properti. Instrumen ini sudah sejak lama dikenal jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti deposito, emas dan saham. Properti dianggap lebih minim risiko dan dapat menghasilkan keuntungan lebih tinggi. 

Berbicara mengenai investasi properti, sebenarnya dapat dibilang menjalankan bisnis ini tidaklah semudah yang dibayangkan mengingat banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah menentukan jenis properti yang ingin diinvestasikan. Pertimbangan antara investasi apartemen atau rumah misalnya. 

Kedua jenis properti ini tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Nah, bagi Anda yang saat ini bingung untuk memilih investasi rumah atau apartemen, berikut ini adalah perbedaan antara investasi rumah dan apartemen. 

Investasi Apartemen

Apartemen merupakan salah satu jenis hunian yang praktis, tepat sekali dijadikan alternatif bagi masyarakat di kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Jakarta dimana umumnya jumlah lahan terbatas dengan harga selangit serta terdapat beragam faktor pendukung untuk masyarakat menetap, contohnya sektor perkantoran dan industri. 

Tinggal di sebuah apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Hal ini disebabkan karena banyaknya fasilitas yang ditawarkan di sebuah apartemen, seperti fasilitas swimming pool, gym, mini market, ATM center dan banyak lainnya yang jarang ditemukan pada rumah tapak. Apalagi saat ini banyaknya apartemen yang dibangun di pusat kota ataupun pusat bisnis, sehingga dapat memudahkan bagi mereka para profesional untuk beraktivitas.

Perkembangan harga jual apartemen terbilang cukup baik, rata-rata kenaikannya bisa mencapai 5% hingga 10% per tahun.  Angka ini pun akan semakin tinggi jika apartemen berada di lokasi yang strategis seperti dekat pusat perbelanjaan, perkantoran ataupun pusat pendidikan. 

Tidak hanya harga jual, harga sewa apartemen memberikan penawaran menarik bagi Anda yang tertarik melakukan investasi. Dengan beragam fasilitas yang lengkap dan lokasi yang strategis, harga sewa apartemen biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan sewa rumah, jadi hal ini sebenarnya sangat menguntungkan untuk para investor yang ingin mencari keuntungan dengan cara menyewa. 

Menariknya lagi, minat membeli apartemen setiap tahunnya terus meningkat, hal tersebut dapat terlihat dari tren pencarian iklan apartemen di portal properti Lamudi.co.id yang meningkat sebesar 14,69% pada kuartal I tahun 2021 dibandingkan kuartal II 2020. 

Investasi Rumah

Rumah merupakan jenis properti yang juga populer digunakan masyarakat, terlebih dengan penawaran keuntungan jangka panjang yang dimiliki, tak heran kalau banyak investor tertarik untuk investasi rumah. Namun demikian, bila kita berbicara mengenai harga sewa rumah, kurang unggul bila dibandingkan dengan sewa apartemen. 

Salah satu keunikan apartemen yang jarang ditemukan pada rumah yaitu, Anda dapat menawarkan penyewaan hunian vertikal ini dengan berbagai periode waktu. Tidak hanya tahunan, Anda dapat menyewakan apartemen dalam periode waktu bulanan, sehingga tidak heran bila resiko kosong apartemen rendah apabila dibandingkan rumah. Untuk investasi jangka pendek, apartemen lebih unggul. 

Tak hanya itu, pemilik rumah sering kali harus melakukan renovasi atau perombakan bila ingin disewakan atau dijual, agar memperoleh harga yang maksimal. Berbeda dengan apartemen yang unitnya dipasarkan semi-furnished dimana Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk membeli dan menata furniture karena sudah disediakan. Praktis dan efisien, bukan?

Kesimpulan

Sebetulnya, kedua jenis properti ini baik apartemen maupun rumah sama-sama cocok dan diminati untuk diinvestasikan, namun hal tersebut kembali kepada Anda. Jika ingin investasi jangka panjang, pilih investasi rumah karena harga rumah cenderung stabil dan meningkat tergantung lokasi yang dipilih.

Namun demikian, terdapat sejumlah kekurangan dari investasi rumah bila melihat dari segi biaya renovasi, risiko kosong dan tren angka pencarian jual serta sewa apartemen yang meningkat meski di tengah masa pandemi seperti sekarang.  

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk investasi apartemen, apartemen The Elements Kuningan, Jakarta Selatan yang proyek properti pengembang terpercaya Sinarmas Land tersebut berada di lokasi yang sangat strategis karena dikelilingi dengan berbagai moda transportasi umum seperti  LRT (Light Rail Transit) yang hanya berjarak 10 menit, halte bus Trans Jakarta, kereta Commuter Line, juga dekat akses tol serta jalan utama tepat menjadi pilihan Anda. 

The Elements apartment Kuningan, Jakarta Selatan, berada dekat dengan banyak fasilitas publik menarik seperti mall dan tempat-tempat kuliner, sebut saja salah satu mall besar nan lengkap Ibukota yaitu Kota Kasablanka, mall sekaligus kawasan kuliner Plaza Festival, Setiabudi One, Citywalk Sudirman, Epiwalk Mall hingga restoran fine dining di rooftop gedung tertinggi di Jakarta yakni Henshin, lokasinya dekat apartemen ini. 

Untuk fasilitas pelayanan kesehatan, terdapat sejumlah rumah sakit ternama yang lokasinya di sekitar kawasan apartemen The Elements, Kuningan, yaitu MMC Hospital dan Mayapada Hospital Kuningan. Tersedia pusat pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga universitas, seperti Royal Primary Academy, Highscope Jakarta, Perbanas Economics School. London School of Public Relation dan lain-lain. 

The Elements apartment Jakarta Selatan menawarkan unit-unit semi-furnished dan memiliki fasilitas yang lengkap serta premium dalam sebuah hunian seperti spa, jacuzzi, sauna, swimming pool, gym, private lift, lounge serta tentunya pengawasan keamanan optimal 24 jam. Anda juga akan dimanjakan dengan beragam furniture berkualitas terbaik dalam unit apartemen. Berbagai keunggulan tersebut membuat harga jual dan sewa apartemen cenderung meningkat, sehingga mendulang hasil menguntungkan. 

Terdiri dari 2 tower yaitu Serenity dan Harmony, pilihan unit yang ditawarkan yaitu 2 BR dan 3 BR dengan luas 82 m2 hingga 148 m2. Dengan segala keunggulan yang dimiliki, harga apartemen the elements dibanderol mulai dari Rp. 4 Miliar. 

Bagi Anda yang berminat membeli apartemen The Elements Kuningan, Jakarta Selatan, saat ini sedang ada promo WFH (Wish For Home) periode 2 persembahan developer Sinar Mas Land spesial untuk Anda berupa keringanan sampai dengan 15%*, insentif huni sampai dengan 2,5%* dan insentif PPN 5%* (*syarat dan ketentuan berlaku). 

BACK TO TOP