The Elements  BACK TO ARTICLES

Mengenal Capital Gain dalam Investasi Apartemen

Hingga saat ini, properti merupakan salah instrumen investasi yang tidak pernah sepi peminat. Contohnya seperti di Jakarta yang masih menjadi surga bagi para pencari apartemen karena memang di kawasan ini masih banyak pengembang yang membangun berbagai produk apartemen yang menyasar berbagai segmen di masyarakat.

Bagi Anda yang ingin menjadi investor properti, rasanya tidak asing lagi mendengar istilah capital gain yakni keuntungan yang didapatkan saat seseorang menjual aset investasinya. Dalam hal ini adalah penjualan apartemen. 

Capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh seseorang dari penjualan properti di mana harga jualnya lebih tinggi daripada harga membelinya. Investor properti biasanya tidak langsung menjual aset properti yang mereka miliki seperti apartemen misalnya, mereka tidak akan langsung menjualnya melainkan menunggu selama beberapa tahun hingga harga apartemen tersebut naik. 

Ada beberapa faktor yang menunjang kenaikan capital gain. Lokasi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan nilai capital gain properti Anda, dan semakin strategis aset properti Anda, semakin besar peningkatan capital gain yang akan Anda terima. Sebagai catatan, properti yang berlokasi strategis dapat meningkatkan capital gain sebanyak 20% hingga 30% per tahun. 

Kemudian, fasilitas juga menjadi salah satu faktor penentu kenaikan capital gain. Semakin lengkap fasilitas dalam suatu aset properti, semakin banyak orang yang akan membelinya. Misalnya ada kolam renang, teknologi smart home systemwater heatergym, taman dan lain sebagainya.

Track record dari pengembang juga mempengaruhi nilai keuntungan modal, dan pengembang besar seringkali memiliki rekam jejak yang baik saat membangun properti. Hal ini tentunya dapat meningkatkan minat seseorang untuk membeli properti. 

Jika Anda ingin menghitung nilai capital gain dari properti, rumus berikut ini dapat Anda aplikasikan, yaitu : Harga jual properti – Harga awal pembelian properti : Harga awal pembelian properti  x 100.

Sebagai contoh, bila Anda membeli apartemen seharga Rp 4,8 Miliar, kemudian tahun berikutnya dijual seharga Rp 5,3 Miliar, maka harga Rp 5,3 Miliar dikurang Rp 4,8 Miliar. Hasilnya adalah Rp 500 juta, kemudian dibagi Rp 4,8 Miliar yang merupakan harga awal pembelian apartemen. Lalu dikalikan 100, maka hasilnya capital gain nya adalah 24% per tahun. Angka ini dinilai baik karena menurut data dari portal properti Lamudi.co.id, pertumbuhan capital gain umumnya mencapai 10% hingga 15%. 

Setelah mengetahui istilah dalam investasi apartemen, inilah saatnya berinvestasi dengan memilih The Elements yang berlokasi di kawasan segitiga emas yaitu Kuningan, Jakarta Selatan. 

Apartemen The Elements berada di lokasi yang strategis, apartemen ini dikelilingi dengan berbagai fasilitas umum, mulai dari pusat perbelanjaan, pusat pendidikan, area perkantoran hingga fasilitas kesehatan. Tidak hanya, hunian vertikal ini juga berdekatan dengan sarana transportasi publik seperti terminal bus Trans Jakarta, LRT (Light Rail Transit) Kuningan. 

The Elements memiliki berbagai fasilitas eksklusif seperti swimming pool, private lift, lift with access card, jogging track, gym, spa, sauna, jacuzzi, minimarket JD Hub by JD.ID, Inilah pilihan terbaik apartemen mewah di Jakarta Selatan di tahun 2022!

Apartemen mewah dan eksklusif yang mengusung konsep Modern Luxury Living ini berlokasi di kawasan prestisius Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan tepatnya di Jalan Epicentrum Tengah, No. 2. Pusat bisnis dan perkantoran Segitiga Emas, sangat mudah dijangkau.

Harga jual apartemen The Elements dibanderol mulai dari Rp 4,5 miliar. Terdiri dari 2 tower yaitu Harmony dan Serenity. Sebagai rincian, di tower Serenity masing-masing unitnya dilengkapi dengan private lift yang menuju unit 3 Bedroom. Sementara, di tower Harmony, selain terdapat pilihan unit 3 Bedroom, terdapat pula unit 2 Bedroom. 

Untuk unit 2 Bedroom di apartemen The Elements luasnya berkisar 85 m2 hingga 125 m2 lengkap dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dapur, balkon, wardrobe dan AC. 

Jika mencari pilihan unit yang luas maka Anda sebaiknya memilih unit 3 Bedroom yang luasnya berkisar 137 m2 hingga 186 m2. Memiliki 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, private balcony, ruang tamu, ruang makan dan dapur. Seluruh tipe unit di apartemen The Elements sudah dilengkapi dengan built-in kitchen seperti electric stove, hood, oven hingga kitchen cabinet

BACK TO TOP