The Elements  BACK TO ARTICLES

Tips Menjalankan Bisnis Sewa Apartemen

Saat ini, memilih apartemen sebagai hunian sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Lokasinya yang strategis serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap membuat tinggal di sebuah apartemen menjadi pilihan utama. 

Melihat keunggulan yang ditawarkan, mendorong angka peminatan apartemen kini semakin tinggi. Kondisi ini dilihat oleh para investor sebagai peluang bisnis menjanjikan, mereka berbondong-bondong membeli unit apartemen untuk kemudian disewakan dengan harapan memperoleh keuntungan dari harga sewa. 

Lokasi menjadi salah satu indikator penting yang berpengaruh pada bisnis sewa apartemen. Misalnya memilih apartemen di lokasi prestisius Ibukota seperti Kuningan, Jakarta Selatan, dimana kawasan tersebut terkenal dengan banyak perkantoran, pusat bisnis, perbelanjaan, pendidikan, layanan kesehatan hingga infrastruktur transportasi optimal.

Tak hanya itu, umumnya apartemen menawarkan berbagai fasilitas lengkap dan eksklusif seperti swimming pool, gym, jogging track, children’s playground, ATM center, mini market, lobby, lounge, private access dan sistem keamanan 24 jam yang menunjang kenyamanan serta keamanan para penghuni. Dengan konsep gedung tinggi, tinggal di apartemen menawarkan Anda keindahan city view Ibukota yang dapat dinikmati setiap saat.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan agar dapat mendulang keuntungan dari menyewakan apartemen? Simak bersama tips menjalankan bisnis sewa apartemen berikut ini. 

Tentukan Harga Sewa

Bisnis sewa apartemen mendatangkan passive income baik bulanan atau tahunan di luar pendapatan utama Anda. Untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin, tentukan harga sewa secara tepat. Jangan memasarkan terlalu murah maupun mahal. Kedua cara ini dapat Anda aplikasikan untuk menetapkan harga sewa apartemen. Pertama, Anda dapat mencari tahu kisaran harga sewa hunian vertikal di kawasan sekitar area yang berlaku. Cara kedua yaitu menggunakan rumus harga apartemen dikalikan dengan Capitalization Rate. Nilai Capitalization Rate apartemen di Jakarta mencapai 7% hingga 12% per tahun. Contohnya seperti ini, jika Anda membeli apartemen dengan harga Rp 4 Miliar, maka untuk mengetahui harga sewa per tahunnya adalah dengan mengalikan Rp 4 Miliar tersebut dengan 7%. Hasilnya, Anda dapat membanderol harga sewa sebesar Rp. 280 juta per tahun ketika memasarkan apartemen milik Anda.

Petimbangkan Target Pasar

Tips menjalankan bisnis sewa apartemen berikutnya ialah Anda perlu menentukan target pasar yang kelak menyewanya. Perhatikan karakteristik demografi dan kemajuan ekonomi di lingkungan setempat. Bila di kawasan tersebut banyak perkantoran alias pusat kegiatan bisnis, maka target pasar dari investasi apartemen Anda merupakan para pekerja serta eksponen kantor lainnya. 

Pilih Apartemen yang Punya Fasilitas Lengkap

Apartemen dengan fasilitas lengkap seperti swimming pool, gym, jacuzzi, sauna, spa, children's playground, bank center hingga private lift access kian mempermudah para penghuni beraktivitas. Dipastikan Anda dapat mematok harga optimal bila memilih apartemen yang memiliki kriteria tersebut untuk disewakan. 

Lakukan Iklan Digital

Di era ini, masyarakat terbiasa mengandalkan smartphone untuk kehidupan sehari-hari mulai dari bekerja hingga mencari hiburan. Termasuk tren pencarian apartemen melalui iklan digital kian meningkat, hal ini dibuktikan dengan peningkatan tren pencarian iklan sewa apartemen di website Lamudi sebesar 3,23% di kuartal I 2021 bila dibandingkan dengan kuartal IV tahun sebelumnya. Anda dapat memasarkan apartemen melalui sosial media atau marketplace properti dengan menyertakan foto dan kata-kata menarik sebagai daya tarik penyewa apartemen. 

Perhatikan Kawasan Sekitar Apartemen

Anda sebaiknya memperhatikan dengan detail kawasan sekitar apartemen yang dipilih. Pastikan kawasan tersebut memiliki akses yang mudah dijangkau baik dengan transportasi massal maupun pribadi tatkala memutuskan untuk investasi apartemen. Biaya transportasi yang dikeluarkan akan lebih hemat dan terjangkau bila apartemen memiliki lokasi yang strategis. Kawasan apartemen yang berkembang optimal akan menunjang harga sewa kian melonjak naik. 

Jika Anda tertarik menjalani bisnis sewa apartemen, apartemen The Elements dapat menjadi pilihan yang tepat, apartemen yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan tersebut memiliki banyak keunggulan untuk dijadikan instrumen investasi.  

Apartemen The Elements Kuningan, Jakarta Selatan berada di lokasi yang sangat strategis, seperti dekat dengan pusat bisnis dan perkantoran Ibukota yaitu Segitiga Emas Kuningan, mudah dijangkau dengan sarana transportasi publik seperti LRT (Light Rail Transit) yang hanya 10 menit berjalan kaki dari apartemen, bus Trans Jakarta, MRT (Mass Rapid Transit), kereta Commuter Line hingga akses tol. 

Terdapat beragam pusat pendidikan ternama di kawasan sekitar apartemen mulai dari Universitas Bakrie hingga Sekolah High Scope Jakarta. Mall dan supermarket untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun tersedia dekat dari The Elements apartment Jakarta, salah satunya mall Kota Kasablanka. Lokasi yang strategis ini tentunya dapat mendorong minat seseorang untuk mau menyewa apartemen di sana.    

Memiliki 2 tower eksklusif yaitu tower Serenity dengan 32 lantai dan tower Harmony 39 lantai, menawarkan pilihan tipe unit 2 BR dan 3 BR yang dapat Anda pilih. Tersedia area balkon luas di apartemen The Elements Kuningan, dapat dimanfaatkan untuk tempat relax dengan suguhan indah city view Ibukota Jakarta. Akses private lift tersedia di tower Serenity untuk mendukung privasi penghuni. 

Konsep modern luxury living dapat Anda peroleh di The Elements apartment Jakarta Selatan, berbagai fasilitas premium dihadirkan untuk menunjang kenyamanan mulai dari swimming pool, gym area, exercise room, children playground, jacuzzi, spa, business center, mini library, grand lobby dan lounge. Dibangun di atas lahan seluas 6.404 m2, harga apartemen The Elements Kuningan, Jakarta Selatan dibanderol mulai dari harga Rp. 4 miliar. 

Tertarik membeli apartemen The Elements Kuningan, Jakarta Selatan? Sekarang, ada dua promo yang dapat Anda peroleh untuk memiliki apartemen ini. Jangan lewatkan kesempatan menikmati promo menarik WFH (Wish For Home) periode 2 persembahan developer Sinar Mas Land spesial untuk Anda berupa keringanan sampai dengan 15%*, insentif huni sampai dengan 2,5%* dan insentif PPN 5%* (*syarat dan ketentuan berlaku). 

Lalu, dalam rangka merayakan Kemerdekaan Indonesia yang ke-76, ada promo spesial terbaru yaitu Xtra Benefit up to 4,5% di The Elements apartment Kuningan. Penawaran ini berlaku untuk semua properti Sinar Mas Land selama periode 12 hingga 22 Agustus 2021. Istimewanya, Anda sudah dapat melakukan pre-booking dari sekarang untuk promo terupdate ini. 

BACK TO TOP